WELCOME to BLOG KKN Tematik UNILA 2011 Kampung PENUMANGAN

Jumat, 08 Juli 2011

Sektor Utama Kampung Penumangan

Perkebunan

Menyoroti tentang perkebunan di Kampung Penumangan, kita dapat mengetahui bahwa  hasil perkebunan terbesar disini berasal dari Kebun karet dan kebun singkong. Sepanjang jalan memasuki Kampung Penumangan Lama, kita dapat melihat berhektar-hektar kebun karet yang membentang di sepanjang kanan dan kiri jalan. Begitu pula dengan kebun singkong kita dapat melihatnya di sepanjang jalan. Hasil perkebunan ini dikelola oleh warga Kampung Penumangan dan dua PT besar di Kampung Penumangan Baru. Seperti PT. HIM di Penumangan Baru yang mengelola karet dan PT. BW yang mengelola singkong hingga di ekspor ke Negara lain. Pada sektor perkebunannya, Kampung ini sudah terbilang cukup maju.



kebun karet sepanjang jalan menuju kampung Penumangan
Perkebunan Karet

Perkebunan karet merupakan sektor penghasilan terbesar di Kampung Penumangan. Sebagian besar warga kampung menggantungkan hidupnya pada kebun karet yang ada di kampung ini. Perkebunan ini  sebagian besar dimiliki oleh PT, yaitu PT. HIM dan sebagian lainnya adalah milik warga. Mata pencaharian warga sebagian besar dari hasil penderesan karet. Hasil dari penderesan ini bisa dijual harian atau mingguan bahkan bulanan oleh para warga.

Kebun sawit

Perkebunan Sawit

Sektor penghasilan warga Kampung Penumangan yang lainnya berasal dari perkebunan sawit yang dimiliki dan dikelola secara pribadi. Para warga mengelola sawit dan menjualnya ke pengepul atau melalui kelompok tani dan dijual langsung ke pabrik-pabrik.

kebun singkong
Perkebunan Singkong

Sektor penghasilan terbesar kedua di Kampung Penumangan, berasal dari perkebunan singkong. Hal itu didukung oleh adanya PT. Bumi Waras (BW) di Kampung Penumangan yang mengelola hasil perkebunan singkong warga.



Perikanan

Selain perkebunan, sektor penghasilan lainnya adalah perikanan. Perikanan ini di dukung karena Kampung Penumangan berada di dekat Sungai Batang Hari atau Sungai Tulang Bawang. Dimana masyarakat banyak yang mengambil ikan dari sungai tersebut dan menjual ataupun membudidayakan untuk dijual .


Perdagangan

Sektor penghasilan lainnya dari kampung Penumangan bersal dari perdagangan. Banyak warga yang membuka usaha perdagangan seperti warung atau toko yaitu toko sembako, kelontong, penjual bensin, pulsa dan lain sebagainya.


Buruh Pabrik

Warga pendatang yang menempati suku 7 hingga 12 memiliki mata pencaharian sebagai buruh pabrik. Hal ini dikarenakan suku 7 hingga 12 ini berada di dalam wilayah PT, yaitu PT. HIM dan PT. BW.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates